• Jelajahi

    Copyright © Koresponden
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan 3

    Iklan 2

    Iklan

    Sekdin LH Kab. Bekasi :  Kick off Lomba Kampung Bersih Bakal Dilakukan Pada Tanggal 26-27 Juli 2024.

    koresponden
    Kamis, Juli 18, 2024, 15.09 WIB Last Updated 2024-07-18T08:09:40Z


    Bekasi, koresponden.id
    - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi bakal lebih mengintensifkan pelaksanaan Lomba Kampung Bersih, dari setahun sekali menjadi per enam bulan.


    "Nanti ada juga yang setiap hari, apa itu? Ya, bersih- bersih di rumah. Kemudian itu, ada juga "ibadah" bersih-bersih mingguannya, dari mulai tingkat RT," demikian diungkapkan Pj. Bupati Bekasi, H. Dani Ramdan saat menghadiri Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani, di halaman kantor Kecamatan Tambelang, Rabu (17/07/2024) sore.

    Lebih jauh, dijelaskan Dani, setelah program bersih- bersih ini menjadi kebiasaan, maka banyak sampahnya yang dapat dikelola. "Nah, itu kita dorong untuk dikelola jadi bank sampah, misalnya yang organik jadi pupuk/magot, unorganiknya dikumpulkan. Dijual lagi atau pun diolah sendiri," terangnya.

    Adapun target dari pelaksanaan lomba ini, tak lain adalah untuk menggiatkan kembali tradisi gotong royong di tengah masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

    Kedua, yaitu dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 Tahun 2024 agar semarak dan semua masyarakat terlibat dalam kegiatan yang positif. "Terakhir, dengan lingkungan yang bersih dan asri, diharapkan kesehatan masyarakat Kabupaten Bekasi akan meningkat," imbuhnya. 

    Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukmawati menjelaskan, bahwa Kecamatan Tambelang merupakan lokasi ke 15 pelaksanaan Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani.

    Secara teknis, dikatakan Sukmawati, pada Lomba Kampung Bersih edisi kali ini, ada sejumlah perubahan mekanisme yang dilakukan.

    "Kalau tahun lalu, lomba dilakukan antar perumahan sehingga agak jomplang, sebab rata-rata perumahan sudah punya fasilitas yang bagus," ungkapnya.

    Sementara untuk sistem penilaiannya, ungkap Sukmawati, dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat RW sampai kabupaten.

    "Kick off Lomba Kampung Bersih ini bakal dilakukan pada tanggal 26-27 Juli 2024. Kemudian, untuk proses penilaiannya sendiri dilakukan pada tanggal 2-12 Agustus 2024," ucapnya.

    Camat Tambelang, Cecep Supriyadi mengapresisi kegiatan Lomba Kampung Bersih. "Sebab melalui lomba ini, dapat Menumbuhkambangkan empati masyarakat bagaimana ia bisa menjadikan lingkungan lebih asri," tuturnya.

    Selain itu, ia berharap, Kecamatan Tambelang bisa indah dan nyaman dipandang dengan kebersihan setelah adanya Lomba Kampung Bersih ini. "Menjaga kebersihan lingkungan agar indan dan asri adalah tugas kita bersama, bukan hanya pemerintah saja," ungkapnya.

    Itu lah mengapa, kata Cecep, dirinya mengundang para tokoh, kepala desa, PKK, posyandu, RT/RW dan unsur terkait lainnya hadir dalam acara ini.

    "Menjaga lingkungan adalah kolaborasi bersama, tidak bisa sendiri-sendiri. Sehingga, semua unsur di Kecamatan Tambelang mulai dari kader, RT/RW, BPD, dan para perangkat desa adalah garda terdepan dalam menjaga peningkatan kebersihan di lingkungan kita masing-masing," pungkasnya. 

    Sebagai informasi tambahan, pada acara Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani sekitar 328 peserta atau 80%-nya hadir dari 400 lebih peserta yang diundang.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini