• Jelajahi

    Copyright © Koresponden
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan 3

    Iklan 2

    Iklan

    DLH Kab. Bekasi Sosialisasikan Lomba Kampung Bersih Makin Berani 2024 di Kec. Tambun Selatan

    koresponden
    Jumat, Juli 19, 2024, 10.25 WIB Last Updated 2024-07-19T03:25:48Z


    Bekasi, koresponden.id
    - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi kembali menyelenggarakan Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tahun 2024. Kick off Lomba Kampung Bersih ini dilakukan pada 26-27 Juli 2024. Sedangkan proses penilaiannya sendiri dilakukan pada tanggal 2-12 Agustus 2024.


    Sebagai bagian dari rangkaiannya, Pemkab Bekasi lebih dahulu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani Tahun 2024 kepada ketua RT/RW di 23 Kecamatan.

    Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Sukmawati mengatakan, ada tiga tujuan utama diselenggarakannya Lomba Kampung Bersih ini.

    Pertama, yakni dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 Tahun 2024. "Kedua, adalah untuk menggiatkan gotong royong. Terakhir, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," jelasnya.

    Sedangkan kriteria penilaian diselenggarakannya Lomba Kampung Bersih ini, tambah Sukmawati, adalah intensitas dan jumlah masyarakat yang ikut gotong royong. "Semakin banyak yang ikut akan semakin baik. Artinya, lebih banyak warga yang terlibat," ujarnya.

    Yang kedua, yakni tersedianya tempat pengelolaan sampah. Misalnya adanya tong sampah di setiap rumah. Apalagi, kalau warga pernah melaksanakan komposting atau bank sampah.

    "Kriteria terakhir, adalah intensitas publikasi. Hal ini penting supaya warga tahu kalau sedang ada gotong royong membersihkan lingkungan. Publikasi bisa dilakukan lewat media sosial Instagram, dengan mentag akun @pakpejedani @dlhkabupatenbekasi dan @pemkabekasi," terangnya.


    Sementara itu, Pj. Bupati Bekasi H. Dani Ramdan menginginkan, bahwa kegiatan Lomba Kampung Bersih tahun ini tidak semata-mata digelar untuk meraih gelar juara saja, melainkan membangun kesadaran masyarakat dalam berperilaku hidup sehat.


    "Melalui lomba ini diharapkan kita bisa menciptakan kebiasaan hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat," ujarnya di hadapan para ketua RT/RW se-Tambun Selatan, di GOR Tambun, Kp. Kebon Kelapa, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kamis (18/7) malam.

    Adapun mengenai predikat juara dan hadiah yang akan diraih nantinya, kata Dani, hanya sebagai stimulus bagi segenap perangkat RT agar mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang penerapan pola hidup bersih di lingkungannya.

    Camat Tambun Selatan, Sopian Hadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran unsur RT/RW pada acara sosialisasi ini.

    "Harapan saya adalah jangan hanya karena ada lomba kita bebersih. Tetapi ini (bebersih lingkungan) harus dijadikan kebiasaan bagi semua. Tidak hanya RT/RW, tetapi semuanya terlibat dalam mensukseskan kebersihan di lingkungan kita," pungkasnya. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini