• Jelajahi

    Copyright © Koresponden
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan 3

    Iklan 2

    Iklan

    Dispar Kab. Bekasi Gelar Gebyar Pokdarwis 2024 Dalam Rangka Menyambut Hari Jadi Kab. Bekasi Ke-74

    koresponden
    Sabtu, Juli 27, 2024, 19.03 WIB Last Updated 2024-07-27T12:03:22Z


    Bekasi, koresponden.id
    - Gebyar Pokdarwis yang dilaksanakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi 2024 digelar di Taman rekreasi Pesona Wanajaya, Desa Wanajaya, Cibitung. Sabtu, (27/07/2024) pagi. Kegiatan digelar dalam rangka Hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke-74.

    Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi H. Iyan Priyatna, Kabid Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata, Shane Susanti, Kabid Ekonomi Kreatif Yudia Yuswandi,  Camat Cibitung Encun Sunarto, Camat Kedung Waringin Maman Badruzaman (MBZ), Camat Sukakarya Hanief Zulkifli, Camat Cabangbungin Mirtono Suherianto, dan Kepala Desa Wanajaya Nurdin Kholik Barok.


    Dalam sambutannya, Kadispar
    H. Iyan Priyatna mengatakan potensi destinasi wisata di Kabupaten Bekasi cukup menjanjikan. Pasalnya, saat ini saja ada 59 destinasi wisata, baik wisata alam maupun buatan.

    "Karenanya, pembangunan pariwisata di Kabupaten Bekasi harus melibatkan seluruh unsur, tidak bisa sendiri-sendiri, melainkan saling bersinergi satu sama lin," kata H. Iyan dalam sambutannya.

    Berkaca pada prinsip tersebut, Iyan berharap agar kegiatan Gebyar Pokdarwis bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

    "Lokasinya pun berpindah- pindah dan (kemasan acaranya-red) harus lebih bervariasi lagi. Misalnya, dihadirkan seminar sehingga antar stakeholder bisa sharing pengalaman dan menambah wawasan serta pengetahuan," terangnya.

    Dari sini, menurut Iyan, para pegiat pariwisata bisa membawa dan menerapkannya di lokasi wisata masing-masing.


    "Jangan lupa juga, para Camat agar dalam perencanaannya supaya diusulkan untuk penguatan Pokdarwis. Karena saya harap pengembangan wisata ini tidak hanya top down tapi juga button up, sehingga bisa menghasilkan output yang bermanfaat," ujarnya.


    Sementara itu, Kabid Pengembangan SDM dan Kelembagaan Pariwisata, Shane Susanti mengatakan, bahwa kegiatan Gebyar Pokdarwis ini diselenggarakan dengan tiga tujuan utama.


    Pertama, adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Pokdarwis. Kedua, meningkatkan kapasitas dan perab Pokdarwis dalam pembangunan kepariwisataan, khususnya mewujudkan sadar wisata dan sapta pesona di Kabupaten Bekasi.


    "Terakhir, yakni untuk memperkuat kerjasama antara Pokdarwis dengan Pemerintah Daerah, Pemerintahan Desa, unsur BUMDes dan stakeholder terkait," pungkasnya.

    Oleh karena itu, dalam kegiatan lomba ini Dinas Pariwisata mengikutsertakan sebanyak 250 peserta, yang terdiri dari Pokdarwis, unsur kecamatan, Pemerintahan Desa dan para pegiat pariwisata di Kabupaten Bekasi. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini