• Jelajahi

    Copyright © Koresponden
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan 3

    Iklan 2

    Iklan

    Dinas LH Kab. Bekasi Sosialisasikan Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Kec. Tambun Utara.

    koresponden
    Kamis, Juli 18, 2024, 13.39 WIB Last Updated 2024-07-24T06:44:34Z


    Bekasi, koresponden.id
    -Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali menggelar Sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani, Maju, dan Berprestasi di wilayah Kecamatan Tambun Utara, pada Rabu (17/7/2024) malam.


    Program yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI Ke-79 mengundang RT/RW masing-masing desa se-Kecamatan Tambun Utara, yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. 


    Sebanyak 908 RT/RW yang diundang, diantaranya dari Desa Karang Satria jumlah RT. 222 dan RW. 42, Desa Satriajaya jumlah RT.95 dan RW. 15, Desa Satria mekar jumlah RT. 110 dan RW. 19, Desa Jejalenjaya jumlah RT. 119 dan RW. 18, Desa Srimahi jumlah RT. 55 dan RW. 9, Desa Srijaya jumlah RT. 24 dan RW. 6, Desa Srimukti jumlah RT. 52 dan RW.8, serta Desa Sriamur jumlah RT. 98 dan RW.12.




    Dalam sambutannya Camat Tambun Utara H. Najmuddin S.Ag., M.Ling., M.Tr.Ip, menyampaikan ungkapan terima kasih dan rasa bangga atas semangat dan dukungan RT/RW, kepala desa, BPD, Babinsa dan Bimaspol se-Kecamatan Tambun Utara yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.


    Ia katakan, tujuan dari sosialisasi ini , Pj. Bupati Bekasi ingin bersilaturahmi dengan masyarakatnya. Jika lebih mengenal masyarakatnya, inshaAllah program-program pembangunan di wilayah dapat lebih jelas dan lebih terarah,’ ujarnya.


    Camat Najmuddin menambahkan , Kecamatan Tambun Utara ada di posisi ketiga yang memiliki RT/RW terbanyak setelah Kecamatan Tambun Selatan dan Babelan,”


    ” Maka dari itu pada kesempatan ini saya menghimbau untuk terus membangun sinergi diantara Kades, BPD, RT/RW, Babinsa, Bimaspol dalam pelaksanaan Lomba Kampung Bersih Makin Berani Maju Dan Berprestasi ini. Sebab satu momok yang dihadapi wilayah Kecamatan Tambun Utara itu adalah sampah.


    Menurutnya, sudah beberapa kali Ia dan Muspika Kecamatan Tambun Utara mengangkut sampah hingga puluhan truk. ” Makanya lomba semacam ini sangat penting,’


    Sebagai study banding, Lanjut Najmuddin, di Tahun 80-90 an, salah satu Negara Bagian di Afrika merupakan negara tertinggal dan penduduknya nyaris kelaparan. Namun saat ini, seperti diinformasikan beberapa Media TV Nasional, menjadi salah satu negara yang sedikit agak maju.


    Hal lainnya yang perlu diketahui dari wilayah Tambun Utara ini terkait pembangunannya. Ia jelaskan, sejak dirinya menjabat sebagai Camat Tambun Utara di tahun 2021, 2022, 2023, hingga 2024 ,peningkatan pembangunan wilayah Kecamatan Tambun Utara sangat signifikan.


    ” Diantaranya pembangunan Gedung Serbaguna Tambun Utara, pembangunan Infrastruktur sarana dan prasarana, serta pembangunan Polsek Tambun Utara yang saat ini sedang berjalan di atas luas tanah 3.000 m2, kondisi tiga lantai dengan anggaran biaya 13 M di wilayah Desa Sriamur ,” tandas Camat Najmuddin.


    Namun demikian mari kita sukseskan program PJ. Bupati Bekasi pada lomba Kampung bersih ini. Mudah-mudahan Kecamatan Tabun Utara menjadi wilayah yang indah, damai, dan bersih ,” pungkas Camat Najmuddin.




    Sekertaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Sukmawaty Karnahadijat, menyampaikan, pada lomba kampung bersih kali ini ada perubahan mekanisme yang dilakukan. ” Kalau dulu penilaian dilakukan oleh kami (Dinas), sedangkan sekarang lomba dilaksanakan dan di nilai sampai ke tingkat RT, atau secara berjenjang, yaitu penilaian mulai dari level RW, desa, kecamatan dan kabupaten, itulah mengapa para RT/RW kami undang pada acara malam ini,” ungkap Sukmawaty.


    ” Ada tiga kriteria dalam Lomba Kampung Bersih ini, yakni intensitas dan jumlah masyarakat, tersedianya tempat pengelolaan sampah, dan terakhir intensitas publikasi,’ tambahnya.


    ” Publikasi yang dimaksud bisa lewat media sosial Instagram @pakpejedani, @dlhkabupatenbekasi dan @pemkabbekasi,“ ucapnya lagi.


    ” Goalnya yaitu menciptakan kebiasaan masyarakat dalam menjaga kebersihan. Minimal warga akan merasa bersalah kalau membuang sampah sembarangan,“ tutup Sekdin LH.




    Sementara itu PJ. Bupati Bekasi H. Dani Ramdan, MT. mengungkapkan

    dari beberapa lokasi sosialisasi kampung bersih yang sudah saya kunjungi, Kecamatan Tambun Utara inilah yang paling meriah dan paling banyak dihadiri pesertanya. ” ungkap Dani mengawali sambutannya.


    ” Lomba Kampung Bersih ini menurut saya bukan hanya sekedar ajang seremonial belaka. Yang terpenting adalah masyarakat bisa membangun dan memperkuat budaya gotong royong, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” lanjutnya.


    Sebagai aksi nyata, kata Dani, masyarakat dapat menciptakan bank sampah, memilah sampah yang bernilai ekonomis, menciptakan inovasi kreatif pengelolaan sampah, hingga lingkungan menjadi sehat, pungkasnya.


    Hadir dalam kegiatan sosialisasi Lomba Kampung Bersih Makin Berani Maju Dan Berprestasi tersebut, Kades se-Kecamatan Tambun Utara, BPD se-Kecamatan Tambun Utara, Danramil Tambun, Kapolsek Tambun, dan Muspika Kecamatan Tambun Utara.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini