• Jelajahi

    Copyright © Koresponden
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan 3

    Iklan 2

    Iklan

    KPUD Kab. Bekasi Gelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024.

    koresponden
    Minggu, Juni 02, 2024, 23.30 WIB Last Updated 2024-06-02T16:46:51Z


    Bekasi, koresponden.id
    - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bekasi gelar peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi Tahun 2024 sekaligus launching jingle dan maskot Pilkada 2024. Acara di gelar di Central Park Meikarta, Cikarang Pusat pada Minggu, (02/06/2024) siang.


    Hadir dalam acara peluncuran tersebut Pj Bupati Bekasi Dr. H. Dani Ramdan, M.T. bersama jajaran unsur Forkopimda, Ketua Divisi Penyelenggaraan KPU Dr. H. Idham Holik, Ketua KPUD Jawa Barat Ummi Wahyuni, Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat Syaiful Bahri, Ketua KPUD Kabupaten Bekasi Ali Ridho,  Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Akbar Khadafi. Ketua MUI Kabupaten Bekasi KH. Madrais, Lc., juga anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Bekasi.

    Dalam sambutannya, ketua KPU Daerah Kabupaten Bekasi Ali Ridho mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi tahapan Pilkada 2024 kepada masyarakat, bahwa hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi sudah dimulai.


    "Semoga
    akan ada kenaikan partisipasi masyarakat untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bekasi tahun 2024," ujarnya.

    Karena itu, dirinya juga meminta anggota PPK dan PPS bisa turut mensosialisasikan dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bekasi.

    Selaim itu, ia juga menekankan tentang tugas yang menanti anggota PPK dan PPS selanjutnya, yaitu membentuk petugas Pantarlih.

    "Dengan jumlah TPS  yang lebih sedikit dibanding Pemilu, yaitu sekitar 4.500 TPS. Tentunya jumlah DPT nya akan lebih banyak. Karenanya pemutakhiran data pemilih harus segera dilakukan," katanya.

    Menurut Ali Ridho, dasar daftar Pemilih untuk pelaksanaan Pilkada itu konversi dari DPT Pemilu 2024 dengan daftar Pemilih yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. "Sehingga, akurasi data bisa lebih valid," tambahnya.

    Tidak lupa, dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi yang sudah mendukung pendanaan Pilkada 2024. Harapannya, sumber daya manusia penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bekasi akan bisa meningkat lebih baik.

    Sementara itu, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Bekasi berkomitmen untuk menciptakan Pilkada yang, bukan hanya CERDAS (slogan Pilkada Jawa Barat-red), tetapi juga berkelas.

    "Untuk mencapai itu (Pilkada yang berkelas) maka kami Pemda Kabupaten Bekasi telah merampungkan pemberian dana hibah 100% kepada KPU, Bawaslu, dan termasuk sektor keamanan Pilkada," ujar Dani.

    Dirinya berharap, langkah tersebut dapat memudahkan para penyelenggara pemilihan dalam mempersiapkan Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 yang sukses, CERDAS, dan berkelas.

    "Kami harapkan tidak ada lagi black campagne dan pelaksanaannya aman serta damai, itu lah Pilkada yang berkelas dan berkualitas," ungkapnya penuh keyakinan.

    Terakhir, dirinya meminta agar situasi kondusifitas pada Pilkada tetap terjaga. "Kuncinya, penyelenggara harus berintegritas demi suksesnya Pilkada Serentak," terangnya.


    Apresiasi kepada Pemda Kabupaten Bekasi disampaikan pula oleh Komisioner KPU RI, Idham Holik. Menurutnya, dari 508 daerah yang menggelar pemilihan, belum banyak Pemda yang memberi dana hibah 100%.


    "Hal ini (pemberian dana hibah 100%) menunjukkan komitmen Pemda Kabupaten Bekasi untuk memajukan demokrasi di Kabupaten Bekasi," tegasnya.

    Peluncuran tahapan Pilkada ini, dikatakan Idham, adalah momen penting setelah sebelumnya Kabupaten Bekasi telah sukses dalam membentuk badan ad hock PPK dan PPS.

    Maka tugas kedepan, sambungnya, adalah membentuk Pantarlih. Pasalnya, dijelaskan Idham, persoalan dalam gelaran Pilkada ada pada pemutakhiran data pemilih.

    "DPT di Kabupaten Bekasi ada 2,2 juta atau 3 terbesar di Jabar.  Karena itu, pemutakhiran data harus menjadi catatan penting. Apalagi, kami harapkan partisipasi pemilih pada 27 November 2024 mendatang ditargetkan bisa di angka 85%," katanya.

    Usai peluncuran ini, Idham meminta, agar semua pihak dapat turut serta mensosialisasikan tahapan Pilkada 2024.

    "Sebab Pilkada adalah kepentingan kita bersama, sehingga penting bagi kami untuk meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pilkada. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih."

    "Mudah mudahan, Pilkada di Kabupaten Bekasi akan berlangsung sukses dan berkualitas," pungkasnya. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini